Senin, 20 Februari 2012

Sepeda Fixie: simple, minimalis, dan dinamis


Goooweeess… Goooweeess…
Siapa yang tidak kenal sepeda yang satu ini? Sepeda yang tidak memiliki rem ini sedang ngetrend di kalangan pecinta sepeda. Simple, minimalis, dan dinamis, mungkin ini kata yang cocok untuk menggambarkan sosok sepeda yang satu ini.
Sepeda yang berasal dari negeri Paman Sam ini mempunyai sejarah yang unik, yaitu sepeda fixie atau fixed gear digunakan oleh pengantar pos/surat kabar/majalah. Karena kondisi kota New York sangat padat, mereka sering terlambat ketika mengantar paket mereka. Akhirnya mereka memilih sepeda fixed gear atau fixie sebagai alternatif dan hasilnya sangat memuaskan karena pengiriman yang lebih cepat.
Nah untuk sebagian orang, tampaknya sepeda fixie elegan karena harga sepeda yang cukup mahal. Selain itu, setiap bagian dari sepeda ini tidak murah, seperti frame, roda, biasanya barang yang diimpor dari luar negeri.
Sepeda ini menggunakan sistem kecepatan fixed gear, yang membuat ayunan pedal rotasi terus berputar, sehingga untuk melakukan pengereman, pengemudi sepeda fixie harus mengurangi kekuatan dengan melawan arah putaran pedal, atau yang biasa disebut system Trape Door.
Sejarah berkembang hingga saat ini banyak masyarakat menggunakan sepeda fixed gear di Indonesia. Entah karena orang Indonesia yang latah terhadap sesuatu yang baru atau kesadaran orangya akan tingkat polusi yang semakin tinggi. Dalam era serba bermotor saat ini, ternyata keinginan untuk bersepeda sudah semakin tinggi
Mereka mengklaim untuk memilih sepeda Fixie ini karena selain untuk mengikuti trend, tapi juga karena sepeda ini benar-benar cocok untuk anak muda suka bergaul dan ingin selalu eksis. Penggunaan sepeda fixie sekarang bukan hanya untuk pengantar pos, surat kabar, atau majalah seperti dari sejarah pertama fixie, atau untuk olahraga selama pagi liburan.
Umumnya juga digunakan untuk pergi ke sekolah, kampus, atau ke kantor, atau fungsi sosial seperti bergabung dengan komunitas fixie setempat. Selain badan sehat, penggunaan sepeda fixie juga dapat memperlambat Pemanasan Global yang baru-baru ini menjadi pembahasan negara-negara utama di dunia.
Buat teman-teman yang mau sehat sekaligus tampil keren, bersepeda fixie menjadi solusi yang tepat. Karena selain sehat, kita juga dapat mengurangi polosi udara. Selalu teriakan Go Green untuk Jakarta!


- Aditya Sasori -


Tidak ada komentar:

Posting Komentar